REPORTASE 3
JUDUL : MENGANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN INTERNAL
Lingkungan pemasaran adalah pelaku yang diluar pemasaran yang berdampak pada kemampuan mengelola pemasaran untuk mengembangkan dan menjaga transaksi dengan pelanggan bisa berlangsung dengan lancer.
Lingkungan internal adalah lingkungan organisasi yang berada di dalam organisasi tersebut dan secara formal memiliki implikasi yang langsung dan khusus pada perusahaan. Perusahaan sendiri sesuai konsep masa kini merupakan kumpulan dari berbagai macam sumber daya, kapabilitas dan kompetensi yang selanjutnya bisa digunakan untuk membentuk market position tertentu. Dengan demikian analisis lingkungan internal akan meliputi analisis mengenai sumber daya manusia, kapabilitas dan kompetensi inti yang dimiliki oleh perusahaan. Ada 5 macam-macam didalam analisis lingkungan internal :
1) Manusia = kompetensi atau kemampuan yang ia miliki .
2) Kebijakan = menggambarkan tentang visi dan misi yang mau dicapai dan aturan-aturan digunakan.
3) Pemimpin = otoriter adalah pemimpin yang mengatur semuanya, demokratis, cenderung memberi kepada bawahannya saja. Monitoring perlu untuk orang yang bekerja agar orang yang bekerja merasa dipentingkan. Didalam proses memimpin perlu juga evaluasi tujuannya dalam rangka mewujudkan apa yang telah direncanakan.
4) System = penghargaan : 1.Materi
2.Nonmaterial
5) Budaya = nilai yang dianut atau digunakan.
v Mikro internal :
1) Suplaiyer
2) Market (pasar)
3) Pelanggan
4) Pesaing
5) Public
6) Publik
v Mikro eksternal
1) Demografi
2) Ekonomi atau daya beli
3) Lingkungan alam
4) Teknologi
5) Lingkungan politik
6) Lingkungan budaya

0 komentar:
Posting Komentar